Apa itu “SCADA”

SCADA (Singkatan dari Supervisory Control And Data Acquisition) adalah suatu Aplikasi/Software yang berfungsi untuk melakukan pengawasan kontrol dan pengambilan data pada suatu system proses.

SCADA adalah bagian dari HMI ( Human Machine Interface) yaitu Perantara atau penghubung interaksi atau komunikasi antara Manusia dengan mesin.

SCADA banyak digunakan untuk aplikasi pengontrolan system atau process di Industri maupun gedung. Industri nya pun tidak terbatas dari :

  • Industri Gas dan Perminyakan (Oil & Gas)
  • Industri Manufaktur
  • Industri Kimia / Petrokimia
  • Pembangkit Listrik
  • Distribusi Energi
  • dll

Bagaimana Cara memilih Software SCADA yang tepat ??

Di pasaran banyak sekali dijual berbagai macam software SCADA dari berbagai merk yang sudah banyak diketahui ataupun yang lainnya. Tetapi dengan banyaknya jenis merk tersebut membuat bingung pengguna harus memakai merk yang mana atau jenis apa. Kadang hanya berpatokan merk saja karena merk yang dikenal dipasaran sehingga digunakan.

Dalam artikel ini penulis coba berbagi pengalaman bagaimana memilih SCADA yang tepat sehingga sesuai dengan kebutuhan yang sesungguhnya.

A. Hal Pertama yang harus dipertimbangkan adalah Kompleksitas dari system yang akan di bangun. Ada dua jenis kegiatan yang dilakukan pada umumnya yaitu :

  1. Pengontrollan system
  2. Pengambilan Data

dalam kenyataannya yang harus ditentukan engineer atau designer adalah dua hal tersebut. Bisa salah satu saja . ataupun keduanya. ada yang digunakan untuk system yang sederhana ataupun komplex. Pada system yang komplex harus benar-benar dipertimbangkan kehandalan system yang digunakan karena menggunakan banyak parameter

B. Yang kedua adalah mengenai pengolahan datanya apakah akan dikelola untuk internal system ataukah perlu di hubungkan dengan system yang lain. Hal ini mempengaruhi kemampuan software itu sendiri.

C. yang Ketiga kita harus mengetahui Protocol apa yang digunakan dalam sustu system pengontrollan. Protocol adalah bahasa standard suatu system untuk bertukar informasi dari satu peralatan ke peralatan lainnya. Contoh jenis protocol yang umum digunakan di industri adalah sebagai berikut :

  1. Modbus
  2. Profibus
  3. Anybus
  4. Ethercat
  5. OPC UA
  6. dll. (penulis akan membahas hal tentang protocol di artikel lain)

Makin komplex suatu system SCADA terkadang menggunakan lebih dari satu protocol komunikasi.

D. Pertimbangan OS (Operating software) sebagai Platform yang digunakan. Misal Windows, Linux , Mac-OS dll

E. Kemudahan User untuk mendevelop system apabila dikemudian hari ada upgrade atau penambahan.

F. Technical support dari penjual Software SCADA itu sendiri.

Total Page Visits: 5085 - Today Page Visits: 4
Published
Categorized as SCADA